Kini kami menerima:

  

      Home | Hubungi Kami | English Version  


    Halaman Utama > Profil > Lihat Profil


Exotic MACHO Art

Sumber : Tabloid Aplaus the lifestyle
                   Edisi 60 – Tahun ketiga
                 24 November – 7 Desember 2007
Semua orang pasti sudah mengenal tattoo atau tato. Dari dulu hingga kini seni merajang tubuh ini takkan ada matinya. Malah kian hari motif yang ditawarkan sang tattoo artist semakin menarik.
 
Kent adalah satu diantara seniman tattoo neeri ini yang cukup dikenal menghasilkan karya-karya tato yang menarik. Banyak motif eksotik pria bernama asli Yusepthia ini yang melekat di tubuh pecinta tato. Bahkan selebritis seperti Nafa Urbach, Andy (/rif), Personil Utopia, hingga pembawa acara kocak Jody memiliki tato karya pria yang menetap di Bandung ini. “ Bagi para selebritis, tato sudah menjadi kebutuhan fashion, ibarat memakai kemeja kantoran, belum lengkap kalau tidak memakai dasi, “ terang Kent yang dihubungi Aplausvia ponsel ini.
 
Tato juga berfungsi sebagai penutup kekurangan pada tubuh manusia. “ Seperti luka bekas terbakar ataupun bekas luka kecelakaan lainnya, tato juga dapat digunakan menutupi luka yang berbekas di tubuh, “ ungkap Kent. Bagi pria yang ingin terlihat macho dengan tato, terkadang tidak tahu motif tato apa yang cocok di tubuhnya. Kent memberikan aneka motif tato sebagai bahan referensi menuju macho.
 
Pada dasarnya, Kent menjelaskan, seni tato diklasifikasi menjadi enam bagian. Ada natural, yaitu gambar tato berupa pemandangan alam yang menonjolkan keindahan. Tribal, serangkaian gambar dibuat dengan menggunakan blok warna. Tato berupa gambar jaman dulu, seperti jangkar, love tertusuk pisau disebut dengan oldschool, gambar yang cenderung berbentuk graffiti dan animation. Motif yang merupakan imajinasi dari teknologi, disebut dengan biomevhanic. Lalu gambar muka seorang tokoh, atau yang menunjukan wajah seseorang dinamakan jebis realis.
 
Motif, Ukuran dan Penempatan.
 
Tidak sama motif, ukuran dan penempatan gambar tato untuk pria dan wanita. Bim’s dan juga Sen, tattoo artist di Medan mengungkapakan, motif natural cocok bagi pria. Penempatannya di bagian punggung. Tribal, biomechanic, realis cocok untuk pria yang ingintampil macho. Penempatannya di bagian lengan maupun dada. Untuk tribal, banyak yang meletakannya dibagian punggung, hingga kaki.
 
Mesin kecil dengan ujung dipasang jarum menari di atas permukaan kulit, mengikuti motif yang sudah tercetak . Sedikit sakit seperti dicubit namun tak sampai menjerit. Sejam kemudian sebuah gambar dengan motif yang artistik telah selesai. Kini anada memiliki tattoo.
 
Sedangkan wanita cocok dengan motif oldschool dam newschool, motif bunga, love, kupu-kupu, dan gambar-gambar lain yang mengesankan feminim dan keceriaan. Biasanya wanita suka meletakannya di bagian punggung, dada hingga daerah tertutup lainnya.
 
Selain itu, ada juga motif yang cocok dipakai untuk wanita maupun pria. Misalnya triball. Meski begitu penempatannya sering tak sama. Pria lebih cocok meletakannya dibagian lengan, kaki, ataupun punggung atas, sedangkan wanita terlihat sexy jika penempatannya dibagian pinggul.
 
Motif tato ternyata juga turut ditentukan oleh face atau wajah dan postur tubuh seseorang. “ Face memang sangat menentukan motif apa yang akan dipakai, kalau face-nya seram pasti tidaklah cocok dipakaikan motif animasi ataupun kartunis, sebaiknya tawarkan dengan motif triball atau biomechanic, “ bilang Bim’s, tato artist yang berawal menato dari dirinya sendiri.
 

Rawatlah Tatomu

 
Banyak pria ketika sudah selesai ditato tidak merawat lukisan dibagian tubuhnya. Pada akhirnya tato yang tadinya menonjolkan keindahan, berubah menjadi sebuah tato yang remang-remang, warna tidak tegas.
 
Seniman tato hampir sama perilakunya dengan seorang dokter. Selesai melayani pasien ada sedikit pesan di akhir pertemuan, berupa pantangan yang fatal bila diacuhkan.
Misalnya Bim’s, usai pengerjaan sebuah tato, tak pernah ia lupa memberikan tips merawat tato kepada konsumennya, dan itu semua dipraktekan langsung kepada konsumennya.
 
“Habis pembuatan, dibersihkan dengan alkohol dan dibalut selama dua jam memakai plaster plastic khusus tato, dibuka dengan menggunakan air hangat. Selama masa penyembuhan hindari sengatan langsung dari cahaya matahari dan juga berolah raga, apalagi terkena sabun,” ungkap ayah satu anak ini.
 
Dalam waktu sepekan pembuatan tato berakhir, rasa gatal akan tiba, tetapi jangan digaruk untuk memperoleh hasil yang sempurna.
 
“ Menghilangkan tato lebih tinggi – costnya dari pada memasangnya, ini emua dilakukan agar mereka yang memasang tato tidak mengucapkan kata penyesalan dengan tatonya,” ungkapnya.
 
Apabila masa-masa tersebut sudah terlewatkan, perawatan terhadap tato tersebut tidak lagi rumit. Agar tetap terlihat baru dengan warna yang tegas, tattoo artist biasanya menganjurkan memakai handbody paling tidak seminggu sekali agar tato awet. Nah, selamat ber-tato!.
 

TATTOO IBARAT DASI

 
Image yang buruk dari tato mulai sirna. Lukisan di tubuh ini, selain menjunjung nilai seni kini merupakan bagian dari fashion.
 
Pergeseran itu memang sudah datang. Dahulu sekali, orang-orang Mentawai, suku Dayak di Kalimantan, dan suku Sumba di NTB membuat tato sebagai tanda kekuatan. Bahkan bahkan bagi suku Dayak, tato bisa didapatkan bila seseoarang berhasil memenggal kepala lawannya. Tato perlambang kejayaan. Di Mentawai, perlu ada acara khusus untuk membuat tato. Ada panen enegaf alias upacara inisiasi yang dilakukan di puturkaf uma (galeri rumah tradisional suku Mentawai).
Upacara ini dipimpin oleh sikerei (dukun). Setelah upacara ini selesai, barulah proses tato dilaksanakan.
 
Masa berlalu, dan tato pun mengalami perubahan. Ia pernah dicap sebagai aksesorisnya para penjahat, hingga kini banyak orang yang merasa risi melihatnya. Tapi waktu bisa membalikkan semuanya. Tato kini adalah sebuah trend.
 
“ Pria memiliki tato terlihat akan lebih macho, sedangkan wanita akan terlihat lebih sexy,” ungkap Kent, seorang tato artist kepada Aplaus.
 
Tato kini sudah dipandang sebagai sebuah karya seni yang memiliki  nilai estetika tersendiri. Bagi seorang tato artist sendiri, Bim’s seorang penato mengungkapkan bahwa tato adalah sebuah seni yang sangat indah, “ Sebuah karya lukis yang menyatu dengan tubuh,”tutur Bim’s.
 
Tato sudah menjadi bagian dari fashion. Ia ibarat dasi dalam fashion pria. Sesuatau yang akan menambah kesan elegan. Artis Tora Sudiro bahkan melukis seluruh tubuhnya dengan seni ukiran yang menanam tinta di bawah kulit ini. Tak jarang ia sengaja memakai baju tanpa lengan untuk memamerkan rajahan tubuhnya.
 

Ada Rupa Ada Harga

 
No money no tattoo. Good money good tattoo. Kalimat seperti ini kerap tertulis di studio tato. Artinya kalau anda ingin mendapatkan karya seni yang indah pada tubuh, sediakanlah duit yang lumayan banyak, karena seni tato bukan murahan.
 
Di Medan, kini seniman tato sudah mulai memberanikan diri membuka studio tato sebagai penafkah diri. Di pinggiran jalan hingga di Mall, studio tato kian menawarkan style yang baru dan begitu menggoda. Mulai dari tati temporary hingga yang permanent.
 
Dari umur tato yang eminggu bahkan sebulan sampai tato yang terus melekat seumur hidup. Semua tergantung dari selera.
Erik, anak Medan yang kini sedang menyelesaikan studinya di kota Gudeg, Jogja, merupakan seoarang pria yang di sekujur tubuhnya dipenuhi dengan aneka motif tato. Semua motif disenanginya, mulai dari triball hingga realis ada di tubuhnya, tentunya dengan penempatan yang telah disesuaikan.
 
“ Mulai senang tao sejak SD karena melihat posternya Tommy Lee (Motley Crue) di kamar kakak saya, awalnya iseng, mencobanya adan kini menyadari betapa pentingnya tato dalam kehidupan saya, “ungkap Erik.
 
Pria yang kini berkonsentrasi di bidang broadcasting ini ternyata mengakui bahwa tato itu juga candu. Berawal dari triball sebagai tato pertama di betis bagian belakang, kini anak bungsu dari keluarga Sitohang ini memiliki tato yang hampir menutupi seluruh tubuhnya, dan memakan biaya yang cukup tinggi.” Terkadang memang pengen nambah karena butuh, apalagi kebutuhan duit di kantong juga sedang ada. Ya, ditambah lagi biar kelihatan macho,” kilahnya.
 

Tato Pria di Mata Wanita

 
Kebanyakan wanita memang tidak menyukai pria memakai tato, tetapi tidak sedikit pula wanita yang tergila-gila dengan pria yang memiliki lukisan ditubuhnya. Sebagian wanita masih memandang pria memiliki tato adalah simbol dari kejahatan, tetapi wanita yang mengerti tato, pasti mengetahui mana tato yang seni dan bukan seni.
 
Contohnya Fany. Mahasiswi yang juga memberanikan diri membuka usaha warnet ini meyukai pria yang memiliki tato. “ Dimataku, bila melihat pria tampan dengan tato yang memiliki nialai seni seakan memancarkan aura kejantanannya. Dan seakan ingin memeluknya,” katanya.
 
Bagi Fany, bukan berarti semua pria bertato bisa menjadi pria idamannya. Ada criteria sebuah tao pria yang menurut dia terlihat macho.” Pria dengan tato tribal maupun ,otif biomechanic, dengan tata peletakannya tepat di bagian tubuh akan terlihat macho pastinya. Seperti dibagian lengan, punggung maupun dada,” cetusnya.
 
Sensasi memang bisa menimbulkan pesona. Bukan hanya untuk diri, tapi juga untuk orang lain yang melihatnya. Termasuk wanita yang mampu berfantasi dengan tato seorang pria.
Apakah anda ingin melakukannya?
 
Ada juga motif yang cocok dipakai untuk wanita maupun pria. Misalnya treeball. Meski begitu penempatannya sering tak sama. Pria lebih cocok meletakannya di bagian lengan, kaki, ataupun punggung atas, sedangkan wanita terlihat sexy jika penempatannya di bagian pinggul”.

Kembali