Kini kami menerima:

  

      Home | Hubungi Kami | English Version  


    Halaman Utama > Profil > Lihat Profil


Cerita Tattoo

Sumber : Spice
Kata tattoo sebenarnya berasal dari bahsa Tahiti yang artnya”menandai sesuaru”. Pada beberapa kebudayaan tertentu, membuat tattoo dilkakukan untuk menandakan gengsi atau kelas social masyarakat tertentu. Sebenarnya budaya tattoo sudah dimulai sejak tahun 12.000 sebelum masehi, dan dalam perkembangannya lebih diidentikan dengan budaya pop dan music rock. Di Kalimantan, tattoo pada wanita menunjukan keahlian mereka pada bidang tertentu yang tentu saja akan membuat “pasaran” mereka meningkat. Sepanjang sejarah, tattoo juga merupakan symbol penting dalam keanggotaan di suatu komunitas tertentu, misalnya saja kelompok Hells Angels. Apa yang membuat seni tattoo begotu popular? Ternyata karena :penderitaan” yang harus dilalui para pemasang tattoo. Rajah pada tubuh ini selalu dilakuakan dengan tangan dan menggunakan tinta warna permanent. Setelah perang dunia II, tattoo kembali popular berkat Marlon Brando, actor asal Amerika yang terkenal juga sebagai bad boy.
 
 
Tattoo VS Health
 
SPICE! Dibantu dr.Tjahyo Soemirat dari Aesthenique Klinik Estetika memberi tahu hal-hal yang perlu kou ketahui tentang tattoo.
 
Bahaya? Menurut dr.Tjahyo Soemirat dari Aesthenique Klinik Estetika, selama tattoo dikerjakan dengan professional dan alat-alat steril maka tidak akan menimbulkan bahaya apapun terhadap kulit. Jika tidak dikerjakan dengan higenis, bisa saja menimbulkan berbagai penyakit atau reakasi alergi untuk kulit, apalagi kulit yang hipersensitif.
 
Penyakit yang bisa ‘mampir’? Selain yang paling ‘seram’, yaitu virus HIV dan hepatitis bisa berpindah ke tubuhmu, banyak sekali penyakit yang bisa masuk karena jarum yang terinfeksi kuman penyebar penyakit ke dalam kulitmu.
 
Menghilangkan tattoo permanent? Bisa, dengan teknologi laser. Perlu kamu ketahui, tattoo permanent melampui lapisan paling bawah kulit yang mempunyai “tugas” beregenerasi. Karena laser mempunyai gelombang yang berbeda-beda, jika tattoo yang ingin dihilangkan berwarna-warni harus dilakukan penyinaran beberapa kali lagi. Tentu saja biayanya akan semakin mahal. Cara lainnya adalah dengan dermabrasi, yaitu dilakukan pengikisan kulit sehingga jaringan ikat ynag baru muncul akan muncul. Kulit yang telah ditattoo mungkin tidak bisa mulus dan seperti sebelumnya, tergantung tattoo dan kulitmu.
 
Tip? Sebaiknya buat tattoo di tempat yang benar-benar memperhatikan kebersihan dan kesterilan alat-alat yang dipakai dan pikirkan dulu resikonya jika kamu berniat membuat tattoo permanent. Masih ragu? Tattoo temporer juga tidak kalah keren, kok!
 
Tattoo Tamptation
The Tattoo Ladies
 
Tattoo bukan monopoli kaum pria lagi. Beberapa wanita ‘bertattoo’ mengaku : “tattoo buat saya Cuma untuk lucu-lucuan saja.” – Inez (28).
 
“Buat saya, tattoo itu eni dan nggak dipunyai semua orang. Wanita pakai tattoo juga bukan berarti nakal”.-Nita (23).
 
“Tattoo itu media untuk mengekpresikan perasaan dan perjalanan hidup saya dan ada ‘cerita’ disetiap tattoo.”-Jil (26).
 
DIY
Temporary Tattoo
 
Bahan :
-         Satu buah deodorant roll on
-         Selembar kertas minyak
-         Pensil alis warna hitam
-         Pewarna rambut henna (dicampur dengan air secukupnya, jangan sampai mencair)
-          
Caranya :
  1. Daerah yang akan ditattoo dioleskan deodorant roll on.
  2. Jiplak gambar tattoo yang kamu inginkan dengan pensil alis di atas kertas minyak.
  3. Tempelkan pola diatas kulit yang akan ditattoo.
  4. Waranai dengan henna, dan biarkan sampai kering dan mengelupas.
  5.  
Catatan :
Bila kulitmu terasa gatal, jangan digaruk karena tattoo temporer ini bisa masuk ke pori-porimu dan ‘berubah’ menjadi tattoo permanent.
 
Tattoo Alert!
 
Untuk alasan kesehatan, pengerjaan tattoo tentu saja tidak boleh sembarangan. Paling utama, perhatikan objek kulit yang akan ditattoo. Ingat poti kulit yang besar beresiko memunculkan pendarahan. Biasanya, pori kulit yang terbuka karena kondisi tubuh yang lelah atau kurang istirahat.
 
Lapisan kulit epidermis sensitive menerima tusukan jarum. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan persiapan fisik seperti makan teratur, konsumsi vitamein C dan tidur yang cukup sebelum mulai merajah. Untuk mengurangi rasa sakit didaerah rawan, biasanya para artist tattoo akan memberikan oabat bius luar atau totok urat akan tetapi harus diingat kalau batas kekuatan orang dirajah hanya empat jam. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sterilisasi alat. Pakailah satu jarum untuk satu orang yang terbungkus segel agar terhindar dari penyakit menular. Untuk merawat tattoo yang baru dibuat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan :
  1. Buka perban setelah enam jam.
  2. Basuh dengan air hangat.
  3. Hindari terkena sabun selama satu minggu.
  4. Oleskan salep perawatan.
  5. Jangan berenang selama lebih kurang satu minggu.
  6. Hindari menggaruk walaupun terasa gatal.
 
SPICE UP
 
Tattoo, identik dengan kehidupan “keras” dan liar. Sekarang? Persepsi tentang tattoo sudah bergeser dan semakin banyak diminati oleh semua kalangan. Include : You, ladies!
 
Berniat
Buat Tattoo?
 
Berikut adalah tempat rekomendasi SPICE!
Untuk membuat tattoo dan body piercing.
Gusti’s Body Art Tattoo
Jln. Kemang Selatan 8 No. 6 C Jakarta 12730
Tel. (021) 7191375
 
New Addicxion
Jln. Cinere Raya No. 3
Jakarta Selatan
 
Kent Tattoo
Jln. Wangsareja Gg. Ardisasmita No. 20
Bandung 40621
Tel. (022) 4208674
 
Mr. Dolphin Tattoo
Jln. Kartika Plaza
Pasar Seni Kuta Bali
 
Tattoo
“Tricks”
 
Zaman dulu mungkin memajangkan tattoo di badan adalah sebuah hal yang sangat tabu. Tapi saat ini karya seni itu telah berubah wujud menjadi sebuah ‘tren’. Seiring dengan “tren” itu pula maka saat ini banyak kaum wanita dengan bangganya memperlihatkan tattoonya. Menurut sang tattooist, I Gusti Ngurah A Wijaya, “ saat ini memang penggemar tattoo dari kaum wanita semakin banyak.” Berikut ini beberapa cerita, alas an, dan berbagai fakta tentang tattoo :
-         Untuk membuat tattoo diwajibkan memilki kondisi ksehatan tubuh yang sangat prima, dan jangan berada dibawah pengaruh alcohol atau obat-obatan karena akan berakibat fatal kepada peredaran darah.
 
-         Jika kamu memiliki tipe kulit yang tipis (gampang luka) sebaiknya jangan membuat tattoo yang diblok penuh, disarankan yang lebih tipis saja.
 
-         Untuk urusan motif, yang paling banyak diminati oleh wanita adalah :
a.       Kupu-kupu
b.      Bunga dan akar-akaran.
c.       Simbol-simbol atau huruf-huruf Cina dan jepang.
 
-         Tempat
Kebanyakan wanita membuat tattoo di sekitar bahu, punggung bagian bawah, kaki dan tempat-tempat yang eye catching.
 
-         Harga
Harga sangat bervariasi sesuai bentuk dan besarnya ukuran tattoo, untuk standard rate-nya mulai dari Rp. 150.000,- sampai tak terhngga.

Kembali