We now accept:

 

  

      Home | Contact Us | Bahasa Indonesia  


    Home > Profile > Profile Details


Cara Tepat Membersihkan Tattoo ( Bagian – 1 )

Sumber : Koran Tadjuk 07 – 13 Mei 2007

 

KENT TATTOO

 

Clinic Tattoo

Hallo sobat muda, tattoo adalah ebuah kisah seni yang menarik dan sudah ada sejak Zaman dulu. Tattoo kini menjadi milik semua generasi. Oleh karenanya secara kontinyu Koran Tadjuk menyajikan Clinic Tattoo untuk pembaca. Pertanyaan, konsultasi atau sekedar ingin menyampaikan unek-unek tentang tattoo dapat dikirimkan melalui redaksi Tadjuk E-mail : tadjuk-bdg@yahoo.co.id atau melalui E-mail : Kent@kent-tattoo.com
 
Tattoo Yang Bagus Seperti Apa?
 
Adalah satu cita – cita gua yang belum terwujud adalah mendapatkan sebuah tattoo. Sebenarnya sih dana sudah ada dan gue juga sudah tahu tempat tattoo yang bagus, Cuma setiap niat gua nongol, langsung deh kepikiran kalo tattoo itu permanent dan susah untuk dihapus ( kalaupun bisa, mungkin meninggalkan bekas ).
 
Baru – baru ini semangat gue untuk mendapatkan tattoo terbangkitkan kembali ketika gue mengetahui adanya sebuah tinta baru yang diciptakan oleh perusahaan Freedom-2. Tattoo permanent yang dibuat dengan sebuah perawatan laser yang mudah.
 
Tinta yng baru tersedia dalam warna hitam itu dibuat dari bahan microscopic polymethylmethacrylate beads ( I have no idea what that means ), yang juga digunakan untuk membuat lem pembedahan. Jika dieskpose dengan energi laser, maka bahan tersebut akan terurai dan sisanya diserahkan kepada kemampuan tubuh untuk meyingkirkan partikel asing.
 
Menurut CEO Freedom – 2, Martin Schimieg, tinta buatan perusahaannya akan menambahkan $ 50 (Rp. 465,000) kepada biaya pembuatan tattoo rata – rata. Memang cukup mahal, tapi daripada harus hidup dengan nama mantan pacar tertanam di lengan atau kaki (belum kalo lokasi tattoonya sensitive).
Ninik
Universitas Tri Sakti Jakarta.
 
Thanks Ninik, gua lalu ngajawab apa Nik. Omongan loe benar semua. Betul, hanya itu yang bisa gua jawab. Terimakasih atas atensinya.
Kent – Kent Bandung.
 
Cara Tepat Membersihkan Tattoo ( Bagian – 1 )
 
Cairan sabun anti bakteri/ pembunuh kuman yang lembut seperti provon atau satin, dan air. Alternatif lainnya Anda dapat menggunakan sabun anti bakteri lembut yang bebas pewangi dan pewarna. Hal ini dapat dengan mudah dilarutkan dengan air putih kemasan, tergantung pada kekuatan produk. Juga larutan air garam yang bebas iodine, seperti yang dijelaskan dibawah ini.
 
Larutan Garram
 
Larutan air garam sangat baik digunakan sedikitnya sekali dalam sehari untuk mengakslerasikan proses penyembuhan dan mengurangi rasa tidak nyaman. Larutan ini juga dapat mengurangi iritasi pada daerah tersebut. Larutkan  Ό  sendok the garam dengan secangkir air hangat samapi panas pada wadah yang bersih. Apabila anda mencampurkan terlalu banyak garam, kemungkinan anda akan menyakiti piercing anda sendiri dengan garam yang berlebihan. Siramkan pada daerah piercing untuk menciptakan gerakan menyedot dan merendam, diamkan selama beberapa menit. Untuk beberapa tempat, penggunaan cottonbut dapat mempermudah proses ini. Dan kemudian bersihkan dengan air bersih dan keringkan.
Larutan air garam, menstimulasi sirkulasi uadara dan darah yang membantu proses penyembuhan. Anda juga dapat melakukan perendaman dengan air garam sebelum melakukan rutinitas pembarsihan piercing beberapa kali sehari. Sangat disarankan untuk merendam dengan larutan air garam sebelum anda melakukan berbagai macam aktivitas, hal ini akan mencegah kerak yang terjadi tertarik ke dalam piercing ketika anda bergerak. Larutan air garam hanyalah produk tambahan disamping pembersih dan air.
Perendaman sekali sehari harus dilakukan sedikitnya untuk beberapa menit. Perendaman tambahan dapat dilakukan dengan waktu yang lebih sedikit (satu menit) dan masih efektif untuk memberi rasa nyaman pada daerah piercing.
 
Cara Membersihkan
Piercing di bagian tubuh harus dibersihkan satu atau dua kali sehari, setiap harinya, selama masa penyembuhan. Kebanyakan orang membersihkan piercing waktu pagi dan/ atau malam hari, dengan shower. Jangan membersihkan labih dari jumlah yang disarankan karena hal ini dapat menyebabkan iritasi pada piercing anda, dan kemungkinan dapat memperlambat proses penyembuhan anada, Apabila anda hanya membersihkan satu kali dalam sehari, sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Frekuensi yang optimal juga bergantung pada sensitifitas kulit, tingkat aktivitas anda, dan faktor lingkungan.
 
Sebelum membersihkan piercing, selalu cuci tangan anda dengan sabun anti bakteri dan air panas. Apabila diperlukan anda bahkan dapat memakai sarung tangan latex yang hanya sekali pakai dan/ atau juga meggunakan gel pembersih tangan. Jangan pernah menyentuh piercing dengan tangan kotor. Hal ini sangat vital dalam menghindari infeksi.
 
Siapkan daerah yang akan dibersihkan dengan merendamnya atau membilasnya dengan iar hangat dan pastikan bahwa anda sudah menyingkirkan kerak – kerak bandel dengan menggunakan cotton bud dan air hangat. Jangan pernah mengambilnya dengan menggunakan kuku.!
 
Aplikasikan sedikit cairan pembersih ke daerah piercing dengan tangan yang bersih. Bersihkan daerah yang piercing dengan tangan yang bersih. Bersihkan daerah yang dipiercing dan antingnya, kemudian putar secara perlahan anting anda supaya larutan pembersih tadi dapat bekerja didalam lubang anting. ( Anda tidak perlu memutar anting anda pada beberapa proses pembersihan yang pertama ).
Biarkan larutan pembersih berada di derah piercing anda untuk beberapa saat. Kemudian anda dapat mandi dengan normal, jangan pernah mengaplikasikan sesuatau dengan sengaja selain larutan pembersih ke daerah piercing anda.
 
Keringkan piercing anda dengan tissue yang bersih, karena handuk anda kemungkinan terkontaminasi bakteri. Cobalah untuk sabar. Setiap tubuh manusia adalah unik, dan masa penyembuhan dapat sangat bervariasi. Apabila piercing anda menjadi perih dan mengeluarkan cairan anda harus tetap meneruskan perawatan meskipun piercing anda sudah melewati masa penyembuhan  rata – rata.
 
Apa Saja Yang Termasuk Normal
 
Pendarahan, pembengkakan, berubah warna atau memar, bukanlah hal yang aneh. Luka apapun di kulit, termasuk piercing yang baru bias saja berdarah atau memar. Hal ini tidak mengindikasikan adanya komplikasi apapun . Kurangi konsumsi aspirin, alcokol dan kafein. Untuk piercing yang berada di derah laher ke atas, cobalah untuk tidur dengan kepala tengadah dan kepala harus disangga dengan bantal untuk mengurangi pembengkakan pada malam hari. Beberapa kasus menunjukan bahwa produk anti infeksi seperti Fen ( Advil, Motrin, dll) dapat mengurangi pembengkakan.
Sedikit rasa perih atau tidak nyaman di daerah yang baru saja di piercing merupakan hal yang umum. Anda kan merasa seperti disengat, sakit atau sensai lainnya yang termasuk ke dalam katagori tidak nyaman, yang terkadang bias saja dengan sendirinya. Selama masa penyembuhan akan terasa sedikit gatal.
Pengeluaran cairan dari piercing yang biasanya terdiri dari plasma darah, nanah, dan sel – sel mati adalah normal. Cairan yang berwarna kuning putih kekuningan dan membentuk suatu kerak didekat lubang piercing ini bukan nanah, tetapi mengindikasikan piercing yang sudah sembuh.
Piercing mempunyai kecenderungan untuk mempunyai beberapa masa “naik turun” selama massa penyembuhan yang nampaknya setengah sembuh kemudian mengalami penurunan lagi. Cobalah untuk sabar,dan tetap bersihkan piercing anda selama masa penyembuhan bahkan ketika piercing anda nampaknya sembuh lebih cepat dari yang tampak.
 Adalah normal apabila terkadang anda merasa sedikit sempit. Jangan mengharapkan anating anda untuk bergerak bebas di kebanyakan piercing tubuh, bahkan ketika mereka sudah sembuh total.
 
Apa Yang Harus Anda dilakukan
 
Cucilah tangan anda sebelum melakukan kontak dengan daerah piercing. Jangan menyentuh piercing anda kecuali ketika anda membersihkannya. Jangan memutar anting piercing anda selama masa penyembuhan, kecuali ketika membersihkannya. Jangan mengganti anting permulaan anda selama masa penyembuhan minimum. (ingat, anting anda harus memenuhi standar material, jenis, dan ukuran. Anting yang tidak memenuhi standar harus segera diganti, hanya oleh piercer anda). Anting yang berbentuk bulat, atau barbell (lurus, bengkok, atau bulat) dapat mengganti bandul mereka kapanpun.
Apabila anda menyukai piercing anda jangan pernah melepas anting anda. Meskipun piercing anda sudah termasuk lama, piercing yang sudah sembuh dapat menutup kembali dalam hitungan menit. Hal ini sangat bervariasi pada setiap orang dan bahkan ketika lubang piercing di telinga anda dapat terus terbuka tanpa adanya anting di dalamnya, lubang piercing di tubuh tidak seperti itu.

Back

Kent Tattoo Studio Indonesia